
Apakah anda memiliki rencana liburan atau baru saja ditugaskan untuk bertemu klien ke luar kota ataupun luar negeri? Jika iya, ini adalah berita baik buat anda. Apalagi perjalanan kali ini adalah perjalanan dimana anda pertama kalinya menggunakan maskapai penerbangan untuk liburan atau melaksanakan tugas dinas untuk membangun hubungan kerja dengan pihak lain. Jika anda biasa menggunakan maskapai penerbangan untuk berpergian, tentu bukan hal yang tabu lagi buat anda, karena anda sudah mengetahui layanan yang diberikan oleh beberapa maskapai penerbangan di Indonesia, salah satunya program loyalty ini. Namun, bagi anda yang baru pertama kali, informasi tentang progam loyalty ini akan menjadi hal penting sebelum anda memilih maskapai yang cocok untuk anda gunakan.
Beberapa maskapai penerbangan di Indonesia memiliki beberapa fasilitas yang ditawarkan, salah satunya dengan program ini. Garuda Indonesia memiliki Garuda Miles, Batik Air memiliki Batik Miles, Air Asia ada Air Asia Big dan Air Asia Go, dan masih banyak lagi maskapai penerbangan yang memiliki program loyalty. Meskipun mereka memiliki program loyalty yang namanya hampir sama, tetapi loyalty yang mereka tawarkan belum tentu sama. Berikut informasi selengkapnya ya!
APA ITU PROGRAM LOYALTY ?
Program loyalty ini sebenarnya cukup menarik, apalagi melihat keuntungan yang didapat. Pelanggan sebuah maskapai penerbangan akan diberikan fasilitas layanan secara jangka panjang dengan bergabungnya mereka di dalam program ini. Layanan ini diberikan oleh maskapai penerbangan sebagai wujud dedikasi perusahaan kepada para pelanggan setia yang menggunakan produk/jasanya. Hanya dengan meningkatkan intensitas penggunaan maskapai penerbangan tersebut dengan membeli tiket pesawat, anda akan menikmati hadiah yang bisa ditukar kapan saja. Misalnya, di Indonesia, ada beberapa maskapai penerbangan menawarkan tiket dengan kelas ekonomi, yang nantinya bisa ditukarkan ke first class, bahkan beberapa perusahaan menawarkan tiket penerbangan gratis kepada pelanggan setia. Menarik, bukan?
PROGRAM LOYALTY YANG DITAWARKAN OLEH MASKAPAI PERNERBANGAN DI INDONESIA
GARUDA INDONESIA
Apakah anda pelanggan setia Garuda Indonesia? Jika iya, tentu sudah memahami layanan yang diberikan oleh Garuda Indonesia ini. Garuda Miles merupakan program loyalty yang diberikan kepada pelanggan setia Garuda Indonesia yang lebih sering disebut dengan istilah GFF (Garuda Frequent Flyer). GFF Garuda Indonesia memberikan kesempatan bagi pelanggan setia Garuda untuk mendapatkan poin setiap melakukan pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia. Bila poin sudah terkumpul banyak, pelanggan setia Garuda Indonesia bisa menukarkannya dengan hadiah.
1. KAPAN GFF BISA DITUKAR?
Poin GFF bisa ditukar kapan saja, bahkan Garuda Indonesia memberikan penawaran yang cukup menarik kepada pelanggan, diantaranya :
1. Pelanggan memiliki hak untuk melakukan upgrade tiket dari kelas ekonomi bisnis ke first class;
2. Pelanggan juga bisa memilih untuk menukar poinnya dengan tiket perjalanan gratis.
3. Garuda Indonesia juga memberi kesempatan kepada pelanggan untuk memberikan hadiah tiket penukaran poin GFF tersebut kepada teman, atau rekan kerja mereka.
1. Pelanggan memiliki hak untuk melakukan upgrade tiket dari kelas ekonomi bisnis ke first class;
2. Pelanggan juga bisa memilih untuk menukar poinnya dengan tiket perjalanan gratis.
3. Garuda Indonesia juga memberi kesempatan kepada pelanggan untuk memberikan hadiah tiket penukaran poin GFF tersebut kepada teman, atau rekan kerja mereka.
Selain itu, Garuda Indonesia juga bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membantu mewujudkan impian para guru-guru di Indonesia untuk bisa terbang dengan pesawat Garuda Indonesia. Garuda mengajak anggota Garuda Miles untuk ikut berdonasi agar saat membeli tiket pesawat atau saat mengumpulkan poin GFF. Program ini bertujuan untuk menerbangkan para guru yang berprestasi, dan berdedikasi untuk negeri. Menerbangkan para guru gratis ke destinasi impian mereka, merupakan kepedulian Garuda Indonesia terhadap dunia pendidikan. Sungguh menginspirasi ya!
2. KATEGORI GARUDA MILES
Garuda Miles terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Garuda Miles Junior, Garuda Miles Regular, dan Garuda Miles Gold.
- Garuda Miles Junior
- Garuda Miles Reguler
- Garuda Miles Gold
Bagi anda yang memiliki buah hati, jangan khawatir mengajak buah hati anda untuk berpergian, karena Garuda menawarkan Program Loyalty Miles kepada anak-anak. Untuk bergabung, syaratnya sangat mudah kok, anak anda cukup memiliki kewarganegaraan Indonesia atau asing (berusia antara 2-11 tahun), dan bertempat tinggal dimana program Garuda Miles berlaku, baik di Indonesia maupun di luar Indonesia. Bagi anggota Garuda Miles yang sedang melanjutkan studi ke jenjang SMP, maka Garuda Indonesia memberikan diskon tambahan sebagai apresiasi Garuda Indonesia terhadap anak-anak dan pendidikan. Bagi anggota Garuda Miles Junior, maka anak anda akan mendapatkan kesempatan menerima Award Ticket atau Upgrade Award bagi anak-anak.
Setelah mengetahui apa itu Garuda Miles Junior, kita akan bahas Garuda Miles Reguler. Kedua program ini sedikit berbeda, karena Garuda Miles Junior hanya menawarkan bonus kepada pelanggan setianya hingga 300 miles. Sedangkan, Garuda Miles Reguler memberikan aneka ragam bonus sesuai frekuensi terbang anda dengan Garuda Indonesia, seperti upgrade Garuda Miles Blue menjadi Garuda Miles Silver/Platinum. Semakin sering anda melakukan penerbangan dengan Garuda Miles Reguler, maka semakin tinggi kesempatan anda mendapatkan upgrade Garuda Miles dari Reguler menjadi Silver. Apabila anda jarang naik pesawat Garuda Indonesia selama perjalanan anda dalam setahun, maka anda akan tetap di posisi Garuda Miles Blue – Reguler dan poin anda tidak akan hangus.
Garuda Miles Gold EC+ merupakan bentuk penghargaan tertinggi dari Garuda Indonesia kepada para pelanggan setianya. Garuda Miles Gold EC+ tidak hanya menawarkan sebuah kenyamanan, akan tetapi menimbulkan perasaan aman saat melakukan perjalanan karena memberikan asuransi perjalanan yang komprehensif kepada anggotanya. Berlaku selama 12 bulan, dengan Garuda Miles Gold EC+, anda bisa mendapatkan asuransi perjalanan yang lengkap, mulai dari perlindungan asuransi untuk resiko pesawat yang delay hingga kecelakaan pesawat. Bila anda ingin menjadi anggota program layanan ini, tidak ada syarat tertentu, yang terpenting usia anda lebih dari 17 tahun, terbuka untuk orang Indonesia, atau orang asing yang tinggal di Indonesia, dan mendaftar dengan biaya senilai 6 juta untuk 1 tahun keanggotaan.
3. BAGAIMANA PERHITUNGAN GARUDA MILES?
Apabila anda melakukan penerbangan mencapai 10 kali dalam setahun, anda bisa upgrade Miles anda ke Garuda Miles Silver dengan bonus yang didapatkan 10.000 miles. Begitu juga untuk mendapatkan Miles Gold maupun Platinum, anda juga bisa upgrade Miles Gold hanya dengan melakukan penerbangan 25 kali dengan bonus 25.000 miles, bahkan jika anda melakukan penerbangan mencapai 55 kali, anda akan mendapatkan bonus 55.000 miles.
Jika selama setahun ini target anda benar-benar tercapai, kartu GFF anda yang baru akan dikirim pada tahun berikutnya pada Maret-Februari. Namun, apabila tahun berikutnya tidak mencapai pada target yang didapatkan di tahun sebelumnya, bisa saja Garuda Miles Reguler anda bisa diturunkan. Garuda Miles Platinum akan menjadi Garuda Miles Gold; Garuda Miles Gold akan menjadi Garuda Miles Silver; dan Garuda Miles Silver akan menjadi Garuda Miles Blue. Kartu yang baru akan dikirimkan untuk periode keanggotaan satu tahun berikutnya (Maret sampai Februari tahun berikutnya). Jika anda pelanggan setia Garuda Indonesia dengan melakukan aktivitas penerbangan secara berkala dan rutin, anda bisa pilih sendiri target bonus anda selama setahun. Yuk segera daftarkan dirimu di GFF!
LION AIR
Maskapai penerbangan Lion Air memberikan penghargaan kepada pelanggan setianya melalui Lion Air Paspport Club. Mungkin bagi sebagian pembaca yang seringkali melakukan perjalananan dengan pesawat Lion Air sudah familiar dengan program ini. Untuk memanjakan pelanggannya, Lion Air memberikan tawaran dan promo-promo khusus bagi anggota Lion Air Passport Club. Keuntungan lainnya bergabung dengan Lion Air Passport Club adalah kemudahan pemesanan tiket, informasi terbaru tiket promo Lion Air secara rutin melalui surel pribadi, informasi acara spesial, dan berbagai tawaran menarik lainnya khusus anggota Lion Air Passport Club. Jika anda menjadi member Lion Air Paspport Club, anda juga berkesempatan mendapat tambahan fasilitas bagasi, dan layanan prioritas saat check-in di bandara. Bahkan, anda pun akan mendapatkan keuntungan layanan executive lounge, prioritas saat boarding dan pengambilan bagasi bila anda sudah terdaftar menjadi pelanggan setia Lion Air.
BATIK AIR
Setelah kita bahas tentang penawaran yang diberikan oleh Lion Air, yuk mari kita bahas bagaimana program loyalty yang diberikan oleh maskapai penerbangan Batik Air. Maskapai penerbangan Batik Air pertamakalinya didirikan tahun 2013 dan merupakan anak perusahaan dari maskapai penerbangan Lion Air. Menjadi salah satu maskapai penerbangan yang banyak digunakan oleh konsumen Indonesia, Rusdi Kirana, selaku pemilik dari bisnis maskapai Lion Air, berusaha memenuhi kebutuhan pasar akan layanan pesawat penuh yang lebih eksklusif dengan membuat brand baru, Batik Air.
Untuk memanjakan konsumen, Batik Air menawarkan Batik Miles kepada pelanggan setianya. Batik Miles menawarkan berbagai manfaat yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman yang cukup berkesan bagi anda dalam melakukan perjalanan. Penumpang rutin Batik Air juga akan bisa mendapatkan beberapa kesempatan untuk memperoleh poin dan menebus tiket penerbangan gratis setiap kali anda melakukan aktivitas penerbangan. Untuk kategori pelanggan rutin Batik Air, maka Batik Miles ini dibagi dalam 3 kategori yaitu Batik Miles Silver, Batik Miles Gold, dan Batik Miles Platinum.
Dari ketiga Miles yang ditawarkan oleh Batik Air, Batik Miles Platinum memberikan penawaran yang paling menarik, seperti penambahan bagasi gratis dengan muatan mencapai 30kg hingga penawaran bagi penumpang untuk memiliki asisten pribadi yang akan mengatur perjalanan anda dengan pesawat Batik Air. Selain itu, keunggulan dari Batik Miles Platinum adalah pemberian bonus hingga mencapai 60.000 mil. Tetapi jangan khawatir, Batik Miles Silver dan Batik Miles Gold juga memberikan penawaran yang tak kalah menarik. Batik Miles Silver memberikan bonus upgrade award dan upgrade tiket kepada pelanggan setia Batik Air. Khusus untuk keanggotan Batik Miles Gold, penumpang setia Batik Air memberikan tambahan bagasi gratis sampai dengan batas maksimal 10 kg dengan bonus 25.000 miles. Lumayan, kan?
AIR ASIA
Tentu sudah tidak asing lagi dengan brand bernama Air Asia, selain banyak promo, maskapai penerbangan ini juga memberikan program loyalty yang tentu sangat menarik. Disebut dengan Air Asia Big, program loyalty maskapai penerbangan Air Asia ini memberikan banyak kemudahan dalam bertransaksi yang dalam setiap pembelanjaannya, setiap pelanggan diberikan jumlah poin tertentu, untuk kemudian dikumpulkan dan ditukar dengan tiket pesawat atau hotel dalam batas jumlah poin tertentu. Buat anda yang ingin mendaftar dengan Air Asia Big, cukup buka situs Air Asia, dan isi semua informasi yang dibutuhkan sebelum mendapatkan notifikasi keanggotaan Air Asia Big di e-mail anda.
Inovasi maskapai penerbangan Air Asia tidak hanya berhenti disitu saja. Ternyata, ada juga yang namanya Air Asia Go. Air Asia Go merupakan portal layanan interaktif, dan mempermudah pelanggan untuk mengecek harga, tempat tujuan, promo, bahkan hotel yang ingin anda tuju. Anda akan diberi pengetahuan tentang liburan menarik dengan beberapa paket promo yang ditawarkan, seperti hotel yang nyaman, sampai harga tiket dari lokasi keberangkatan sampai lokasi yang dituju dengan satu sentuhan. Anda pasti tidak akan kesulitan menggunakan layanan Air Asia Go.
PROGRAM LOYALTY MASKAPAI PENERBANGAN MANA YANG LEBIH BAIK?
Setiap maskapai penerbangan memiliki keunggulannya masing-masing. Beberapa maskapai penerbangan bahkan ada yang menawarkan poin miles yang begitu besar, ada juga yang membaginya dalam beberapa kategori untuk mempermudah transaksi. Kebanyakan, maskapai penerbangan di Indonesia tidak hanya memberikan program loyalty dalam bentuk poin atau bonus, namun juga dibarengi oleh beberapa layanan pendukung program loyalty. Hal ini guna memberi kemudahan kepada para pelanggan setia mereka. Salah satu layanan pendukung yang cukup menarik adalah Garuda Indonesia Online Fair dan Air Asia Go.
Keduanya memberikan pengetahuan tentang kabar terbaru dari masing-masing brand, seperti tiket, harga promo pesawat, bahkan hotel. Apalagi sekarang semua layanan ini sudah go mobile, tentu sangat menarik buat anda yang tak ingin repot. Sedangkan, bila berbicara mengenai program loyalty yang diminati kebanyakan masyarakat Indonesia adalah program loyalty yang dipersembahkan oleh Air Asia, karena maskapai penerbangan ini seringkali memberikan promo tiket murah, dan banyak promo-promo lain yang menarik. Apabila anda lebih senang terlibat dalam keanggotaan maskapai dengan layanan asuransi yang lengkap, pilihan bergabung dengan Garuda Miles Gold EC+ akan menjadi pilihan yang sangat tepat.
Namun, perlu diperhatikan, bahwa Garuda Miles Gold EC+ memiliki iuran sebesar 6 juta rupiah yang berlaku satu tahun. Apabila anda merasa berat mengeluarkan dana besar, program loyalty yang ditawarkan oleh Batik Miles juga cukup menarik, lho! Batik Miles cukup menarik, karena setiap transaksi dengan Batik Air ataupun dengan pembelian tiket pesawat, anda akan mendapatkan poin yang tidak sedikit untuk ditukarkan dengan program promosi Batik Air sesuai periode tertentu atau menukarkannya dengan tiket pesawat gratis. Apalagi dengan Batik Miles, anda akan mendapatkan banyak kemudahan seperti tambahan bagasi.
Sepertinya asik ya kalau liburan akhir tahun ini. Apakah anda berminat atau malah sudah mempersiapkan diri untuk berangkat liburan di akhir tahun? Semoga informasi ini dapat memberi gambaran sebelum anda melakukan perjalanan dan mendaftar program loyalty. Happy flight!
0 Komentar untuk "MENGENAL BERAGAM PROGRAM LOYALTY MASKAPAI PENERBANGAN INDONESIA"